Membuat Nomor Halaman dengan Format Berbeda pada Microsoft Word 2007

Jika Anda membaca sebuah buku atau karya ilmiah pasti Anda akan menemukan penomoran halaman yang berbeda. Halaman pendahuluan biasanya menggunakan format angka romawi kecil dimulai dari i, ii, iii, iv, v dan seterusnya, halaman isi menggunakan format angka 1, 2, 3, 4 dan seterusnya. Untuk membuat penomoran seperti itu biasanya antara bagian pendahuluan dan bagian isi dibuat menjadi dua file yang berbeda untuk mempermudah pencetakan. Tapi tahukah Anda bahwa dengan sedikit pengaturan Anda bisa Membuat Nomor Halaman dengan Format Berbeda dalam satu dokumen Word?
Prinsipnya adalah membagi halaman menjadi 2 section. Section 1 menggunakan nomor halaman dengan format romawi, section selanjutnya menggunakan format angka arab. Berikut adalah cara membuat nomor Hhalaman dengan format berbeda dalam satu dokumen Ms Word.
  1. Buka aplikasi Microsoft Word
  2. Buat beberapa halaman, misalnya 10 halaman (tekan Ctrl + Enter)
  3. Misalkan Anda akan membuat penomoran 5 halaman pertama dengan format romawi, dan selanjutnya menggunakan angka arab, letakkan kursor pada akhir halaman 5, klik Page Layout >> Breaks >> Next Page.
Membuat Nomor Halaman dengan Format Berbeda 1
  1. Untuk melihat section, klik kanan pada ststus bar kemudian aktifkan section maka akan terlihat halaman 5 ke bawah sebagai section satu dan halaman 6 ke atas sebagai section 2.
Membuat Nomor Halaman dengan Format Berbeda 2
  1. Sekarang klik sembarang pada section 1 (halaman 1 – 5), klik Insert >> Page Number >> Format Page Number
Membuat Nomor Halaman dengan Format Berbeda 3
  1. Pada Number format pilih angka romawi (i, ii, iii, …) dan pada Start at ketik i, kemudian OK
Membuat Nomor Halaman dengan Format Berbeda 4
  1. Masih pada section 1, selanjutnya klik Insert >> Page Number >> Bottom of Page >> Pain number 2 (nomor halaman terletak di bawah tengah).
Membuat Nomor Halaman dengan Format Berbeda 5
  1. Sampai di sini silakan dilihat, lima halaman pertama menggunakan format i – v, halaman diatasnya 6, 7, 8 dan seterusnya.
  1. Selanjutnya letakan kursor di section 2 (halaman 6 dan seterusnya), kemudian double klik pada bagian Footer (nomor halaman), maka Anda akan melihat ribbon Header and Footer Tool di mana pada bagian Navigation, Link to Previous dalam keadaan aktif (berwarna orange). Jangan aktifkan Link to Previous (klik untuk aktif atau nonaktif). Setelah itu klik Close Header and Footer atau klik sembarang di area dokumen untuk keluar dari Header and Footer Tool.
Membuat Nomor Halaman dengan Format Berbeda 6
  1.  Masih pada section 2, untuk mengubah halaman 6 menjadi halaman 1, klik Insert >> Page Number >> Format Page Number
Membuat Nomor Halaman dengan Format Berbeda 7
  1. Anda cukup mengganti Start at dengan angka 1 dan klik OK
  1. Apa yang terjadi? Halaman 6, 7, 8 .... akan menjadi 1, 2, 3 ...
Itulah cara membuat nomor halaman dengan format berbeda pada Microsoft Word 2007. Jika langkah Anda benar maka ketika menambah halaman pada section 1, maka halaman berikutnya otomatis akan memiliki nomor halaman dengan angka Romawi, begitu juga jika menambah halaman pada section 2, nomor halaman otomatis menggunakan angka Arab.

Jika Anda ingin melakukan hal seperti itu sebaiknya selesaikan menulis dokumen terlebih dahulu baru kemudian memberi penomoran halaman



sumber : http://www.komputekno.com/2013/10/membuat-nomor-halaman-dengan-format.html

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.