Membuat Kolom Koran di Word 2007

Pernahkah Anda berfikir untuk membuat sebuah dokumen dengan tampilan seperti paragraf koran yang terbentuk dari beberapa kolom ? Jika iya, silahkan lanjutkan membaca tutorial ini. Agar tampilan dalam dokumen Microsoft Word yang kita buat bisa tampak seperti format penulisan Koran,  kita dapat memanfaatkan tools column MS Word ini. Column atau kolom MS Word terletak di dalam Ribbon Menu, Tab Page Lay Out.

menu kolom
Untuk membuat kolom koran, terlebih dahulu blok/seleksi paragraf yang kita inginkan. Pilih Tab menu Page Layout kemudian pada kelompok Page Set-Up pilihmenu Column.
Silahkan pilih jumlah kolom yang diinginkan, sebagai contoh pilih dua kolom, maka paragraf akan menjadi seperti berikut :
dua kolom
Untuk pengaturan lebih lanjut mengenai kolom MS Word, kita gunakan opsi More Columns. Ketika dialog box muncul, kita bisa menentukan beberapa settingan berikut :
  1. Preset adalah jenis-jenis kolom yang sudah ditentukan oleh MS Word (settingan default).
  2. Number of  Columns untuk menentukan berapa banyak kolom yang kita inginkan.
  3. Di sebelah kanan Number of Columns ada tulisan Line Between. Centang kotak itu jika Anda ingin ada garis pemisah di atara kolom-kolom tadi.
  4. Widht and Spacing untuk mengatur jarak antar kolom.
  5. Equal Column Widht, harus tetap tercentang agar lebar antar kolom tetap sama rata. Kecuali Anda ingin berkreasi dengan memberi pengaturan jarak sesuai kehendak Anda.
  6. Apply to, secara default akan tertulis "Selected text" yang berarti, kita akan mengaplikasikan kolom pada text yang diseleksi saja. Jika Anda ubah dengan "whole document", maka penerapan kolom akan dieksekusi ke semua paragraf/teks.
Setelah Anda memilih bentuk dan variasi kolom tekan OK dan lihat perubahannya.
INGAT : Perintah ini haruslah kita terapkan setelah menuliskan dahulu keseluruhan teks,mengatur perataan teks, dan lain-lain, lalu kemudian lakukan setting/pengaturan seperti yang diinginkan. Hal ini agar kita tidak mengalami kesulitan di dalam mengatur bagian mana yang akan kita buat tampak seperti kolom koran.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.